Kamis, 24 April 2014

BISNIS USAHA KUE DONAT

BISNIS USAHA KUE  DONAT
A.    Profil Perusahaan

1.      Profil Perusahaan
Berikut ini adalah profil perusahaan yang direncanakan:
1.      Nama Perusahaan        :              “Donuts Alvha”
2.      Bidang Usaha              :              Usaha Dagang
3.      Jenis Produk/Jasa        :               Kue Donat
4.      Alamat Perusahaan      :               Jl.Bangau sakti No: 97
5.      Nomor Telepon           :               085363501993
6.      Alamat Email               :               Vha_desmanitha@yahoo.com
7.      Bentuk Badan              :               Perseorangan
8.      Mulai Berdiri                :               01 September 2013 

2.      Struktur Organisasi

Struktur Organisasi diperlukan untuk membedakan batas-batas wewenang dan tanggung jawab secara sistematis yang menunjukan hubungan keterikatan antara setiap bagain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Demi tercapainya suatu bisnis diperlukan suatu wadah untuk mengatur sluruh aktivitas maupun kegiatan bisnis tersebut.
Pengaturan ini dihubungkan dengan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, wadah tersebut disusun dalam struktur organisasi dalam bisnis. Melalui struktur organisasi yang baik, pengaturan pelaksanaan dapat diterapkan, sehingga efisiensi dan aktivitas kerja dapat diwujudkan melalui kerja sama dengan koordinasi yang baik sehingga tujuan dari bisnis tersebut dapat tercapai.
 Suatu bisnis terdiri dari berbagai unit kerja yang dapat dilakasanakan perorangan ataupun kelompok kerja yang berfungsi untuk melaksanakan serangkaian kegiatan itu dan mencakup tata hubungan secara vertikal melalui saluran tunggal.

Struktur organisasi mengidentifikasi peran dan tanggung jawab karyawan yang dipekerjakan oleh setiap perusahaan. Oleh karena itu setiap perusahaan ataupun suatu usaha akan memiliki struktur yang berbeda tergantung skala perusahaan dan jenis perusahaan.

Struktur organisasi dari perusahaan ini direncanakan hanya memiliki 4 orang karyawan. Adapun perincian tugas-tugas karyawan tersebut adalah :
a.       Karyawan 1 bertugas dalam bidang produksi, seperti membuat campuran adonan  dan menggoreng.
b.      Karyawan 2 dan 3 bertugas dalam bidang marketing, memperkenalkan produk kepada masyaakat, seperti membuat poster, baliho atau spanduk dan sebagainya
c.       Karyawan 4 bertugas dalam bidang administrasi, menginput data penjualan yang keluar.



B.     Aspek Pasar Dan Pemasaran 

1.      Produk yang dihasilkan
Menu andalan di perusahaan ini  adalah :
Kue donat bentuk bulat dan bolong di tengahnya ini, telah popular dikalangan masyarakat dari dulu sampai sekarang. Dari mulai donat yang dijual dipasar hingga donat yang dijual disupermarket yang memiliki merek terkenal seperti sunkin’donat atau Jco selalu diserbu oleh para konsumen.


Selain rasanya yang empuk dan nikmat, menu donat juga memiliki variasi serta kemasan baru yang beraneka ragam. Dengan gula bubuk, cokelat caramel, cokelat meses, cokelat kacang, ataupun keju membuat makanan ini lebih nikmat jika disantap. Menu donat ini pun memiliki harga yang bervariasi, mulai dari Rp. 1000 hingga Rp. 30.000.



 



2.      Keunggulan Produk
Keunggulan kompetitif produk kami adalah harga yang terjangkau. Setelah survey ke pasar, maka harga produk usaha ini lebih murah dari usaha donat lainnya. Selain itu, kue donat ini terjamin mutunya karena telah disetujui oleh Badan Pengawasan Makanan.

Keunggulan produk kue Donat Alvha adalah :
a.              Memiliki variasi menu yang memanjakan pelanggan
b.             Menggunakan bahan-bahan yang alami
c.              Kebersihan dan kenyamanan yang djamin
d.             Memiliki koki berpengalaman baik seperti tamatan tata boga
       e.           Harga lebih murah dibandingkan dengan produk sejenis dari kue donat yang sudah terkenal
f.              Makanan yang bercita rasa tinggi, menggugah selera dan pelayanan terbaik
g.             Terletak dikawasan elit mahasiswa, orang tua, dan anak-anak

ciri khas dari bisnis “ Kue Donat ALvha” antara lain :
a.       Menerapkan pelayanan 5S ( Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun)
b.      Memberikan potongan harga untuk event -event tertentu atau untuk pembelian dalam jumlah yang banyak
c.       Dapat menerima pesanan dalam jumlah banyak

3.      Pesaing bisnis
Pesaing bisnis merupakan factor yang penting dalam menyusun keberhasilan pemasaran. Menurut pakar manajemen strategi mengidentifikasi 4 kekuatan pesaing yakni masuknya pendatang baru, ancaman produk pengganti, kekuatan tawar menawar pemasok, seta pesaing konvensional diantara para pesaing yang ada.

4.      Analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats)
Seiap kegiatan untuk memulai usaha yang akan dirintis untuk mengukur kemampuan usaha terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu SWOT :
1.       Strength (Kekuatan)
Kekuatan produk ini adalah :
a.       Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
b.      Satu produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa
c.       Bahan produk yang terjamin dan higienis
d.      Outlet sederhana dan murah biaya
e.       Peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu mahal
f.      Lokasi mudah dicari
g.      Harga jual bisa lebih murah dari donat merek luar


2.       Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari produk ini adalah :
a.              Tidak dapat tahan lama
b.              Produknya mudah di tiru

3.       Opportunity (Peluang)
Peluangnya adalah :
a.              Tempat strategis
b.              Fasilitas yang cukup memadai

4.       Threat (ancaman)
Aanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang tidak terlalu mahal.


5.      Strategi Pemasaran
Strategi jitu yang dapat digunakan yaitu membuat brosur atau pamflet yang menginformasikan menu donat yang Anda tawarkan dan cantumkan pula harganya, bila perlu tambahkan keunggulan donat agar konsumen tertarik. Selanjutnya dapat memasarkan donat dengan menitipkannya di beberapa toko kue, warung makan serta supermarket yang ada di sekitar rumah kita. Sehingga konsumen semakin mengenali produk donat yang kita produksi. Promosi donat juga bisa dilakukan dengan cara merekrut beberapa agen donat, untuk memasarkan produk ke beberapa tempat yang cukup berpotensi. Untuk pengenalan produk, kita dapat memberikan bonus gratis pada pemilik toko yang kita titipi donat.
6.      Sistem yang harus dibangun dalam Usaha “Donat Alvha”
Ø  jaringan pasar
1. Membangun Sistem Promosi untuk Penetrasi Pasar
2. Merawat Jaringan Pasar untuk Mempertahankan Pangsa Pasar (market segment)
Bahan dan Resepnya:
1.      Tepung
Bahan resep utama untuk membuat donat adalah resep tepung terigu dengan kandungan proteinnya sedang. Saat pengulenan, protein akan berubah majadi gluten yang kemudian akan memberi kerangka / tekstur yang bagus. Kadang, resep tepung yang digunakan dalam membuat donat dicampurkan dengan resep tepung protein rendah untuk memperoleh terkstur yang lebih lembut.
2.      Gula
Pilih gula yang mudah larut dalam air. Gula halus bisa juga digunakan. Gula bukan saja sebagai resep bahan untuk memaniskan, tetapi juga menentukan keempukan dan mempertahankan daya simpan kue donat.
3.      Telur
Resep telur membuat resep donat makin enak. Banyak orang lebih suka menggunakan bagian kuning telur ketimbang putihnya. Dengan tujuan melembutkan dan memberikan warna kuning yang lebih menarik.
4.      Pengembang
Ragi adalah resep bahan pengembang yang paling populer. Yang paling banyak digunakan saat ini adalah ragi instan, karena jauh lebih mudah cara penggunaannya yaitu cukup diaduk dengan adonan. Selain itu, penambahan resep baking powder dan resep improver (bread improver) sebagai pengembang juga berpengaruh terhadap keempukan kue donat.
5.      Cairan
Ada yang suka menggunakan air. Sebagian ada juga yang lebih suka menggunakan resep cairan susu ke dalam adonan. Penggunaan resep susu membuat kue donat lebih lembut ketimbang air, selain itu rasanya jauh lebih enak.
6.      Garam
Penambahan garam dalam adonan fungsinya cukup besar yaitu untuk mengontrol pengembangan adonan. Yang patut diingat, garam dapat menghambat kerja ragi sehingga jangan pernah didekatkan. Jadi penambahan garam, sebaiknya setelah adonan tercampur rata, akan jauh lebih baik.
7.      Lemak
Margarin dan mentega adalah lemak yang seirng digunakan dalam membuat resep donat. Adanya lemak dalam resep adonan donat akan membuat kaya citarasanya disamping juga membuat donat jadi lembut.
8.      Minyak Goreng
Pilih minyak goreng yang warnanya kuning jernih. Lebih bagus menggunakan minyak goreng padat, karena hasilnya lebih cryspy.
9.      Taburan
Donat cukup dtabur dengan gula halu. Bahan-bahan resep yang bisa dijadikan taburan seperti resep misis, resep almond, resep cokelat, resep kacang cincang, hingga beragam sehingga bentuknya lucu dan menarik.

Alat-Alat Membuat Donat
Cetakan kue donat,Mixer untuk mengaduk adonan,Wajan anti lengket,Wadah atau baku dan Penggilingan.

3 komentar:

  1. Hai opa,
    wah, disain blog dan tugasnya matching sekali.. jadi ga sabar untuk membeli donat besok pagi:)
    terima kasih sudah berpartisipasi di tugas blog saya. semoga impian usahanya jadi kenyataan.
    salam- ibu hesty

    BalasHapus
  2. Hehee iya buk Wa'alaikumsallam ,terimakasih atas komentarnya :)
    amin..... juga buat doa'nya buk ^_^

    BalasHapus